Laman

Jumat, 12 November 2010

TAMAN WISATA RAWA PENING ( Surga Para Fotografer )

Taman Wisata Rawa Pening terdapat di daerah Kota Ungaran, Kabupaten Semarang. Rawa Pening terbilang objek wisata yang masih perawan. Udaranya sejuk, tidak terlalu ramai dan relatif masih bebas polusi. Hal ini dapat dimaklumi, mengingat lokasinya berada di kaki Gunung Ungaran, dengan ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Rawa Pening yang luasnya sekitar 2.670 hektar ini terletak di sisi jalan yang menghubungkan Bawen dan Salatiga. Rawa Pening yang sangat indah ini menurut cerita legenda berasal dari muntahan air bah dari bekas cabutan lidi Baru Klinting. Tempat wisata ini mudah dijangkau dengan angkutan umum maupun pribadi. Keindahannya yang mempesona, bukan hanya terlatak pada airnya yang bening dan sejuk, tapi masih banyak lagi dan bakal terus menarik perhatian Anda. Terdapat taman rekreasi yang indah, berhawa amat sejuk yang berada di atas sebuah bukit di tepi danau.

Waduk alam itu kini mempunyai beberapa area wisata, seperti Tlogo, Lopait, Bukit Cinta, Muncul dan Asinan. Loket Rawa Pening sudah mulai dibuka pukul 8.30 sampai 21.00. Pada pagi haripun Anda dapat berekreasi bersama keluarga di sini, karena telah disediakan taman yang asri di areal wisata tersebut sehingga sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga selain menikmati keindahan danaunya.

Kalau belum cukup, jelajahi hamparan air Rawa Pening dengan menggunakan perahu. Anda bisa berkeliling danau dan melihat dari dekat banyaknya hamparan Enceng Gondok(Eichornia Crassipes) dan kehidupan nelayan di Rawa Pening tersebut. Untuk menyewa perahu dengan kapasitas 10 sampai 15 orang ini anda dapat menyewanya seharga Rp 25.000/jam. Jadi apabila Anda sendirian atau rombongan Anda masih kurang dari 10, untuk hematnya lebih baik Anda menunggu orang lagi yang sama-sama ingin menaiki perahu tersebut.

Anda tidak usah kuatir akan kelaparan di kawasan Rawa Pening ini. Pasalnya, banyak restoran tersebar di daerah Tuntang ataupun Lopait. Kebanyakan dilengkapi dengan fasilitas kolam renang, gardu pandang, tempat permainan anak dan lain-lain. Bahkan ketika malam hari banyak orang yang datang ke wisata Rawa Pening untuk menikmati sajian ikan bakar. Di areal luar taman banyak terdapat kedai dan rumah makan tradisional yang pada umumnya menyediakan menu ikan gurami bakar.

Kalau Anda merasa sayang dan enggan untuk menikmati semua keindahan disini hanya dalam sekejap, Anda bisa memilih tempat peristirahatan yang bertebaran di sana. Terdapat banyak villa, losmen, wisma, bungalow, pesanggrahan dan hotel. Bahkan beberapa di antara hotel-hotel itu sudah memiliki fasilitas untuk berbagai keperluan seperti konvensi, seminar, rapat, lokakarya dan penataran. Anda punya begitu banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kalau ingin melemaskan otot-otot, juga bisa mencoba pijat di panti-panti pijat yang tersebar mengisi hampir seluruh kawasan Rawa Pening. Tetapi yang paling penting dan yang tidak pernah ketinggalan dari lokasi wisata manapun, di sini juga terdapat pasar yang menjajakan hasil-hasil bumi khas daerah seperti buah dan sayuran segar yang sangat cocok buat oleh-oleh.

Bagi anda yang hobi fotografi, Rawa Pening adalah surga Anda. Keindahan di rawa ini sangatlah unik, terutama di pagi hari pada saat sunrise. Sangat disarankan Anda datang kesini sejak jam 5.00 pagi pada saat sunrise. Dengan menunggu di dermaga tepi danau, Anda dapat memotret keindahan panorama Rawa Pening dari awal-awal terbitnya matahari. Konon suasana pagi di sini sangat misterius dan mistis, begitu indah untuk diabadikan lewat sebuah kamera.

Menjelang pagi anda dapat melanjutkan hunting kegiatan foto Anda dengan menaiki kapal yang disewakan di dermaga. Pada saat pagi seperti ini, para nelayan disana sedang aktif menjala dan mencari ikan di danau yang banyak terdapat eceng gondok tersebut. Anda dapat menjadikannya salah satu objek foto yang menawan. Rawa Pening ini sangatlah luas sehingga seringkali waktu mengambil gambar, Anda akan merasa lupa waktu bahkan mungkin tidak akan terasa kalau matahari sudah bersinar tepat di atas. Tunggu apa lagi, siapkan kamera Anda dan berburulah view yang terbaik dari Rawa Pening! (cax)

sumber : KAPANLAGI.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar